Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Media Sosial di Internet



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
      Pada kesempatan ini, saya akan membagi sedikit ilmu saya tentang dampak positif dan negatif penggunaan media sosial.
         
 Era globalisasi ini, telah mewabah telepon seluler yang dilengkapi dengan aplikasi media sosial atau yang sering dikenal dengan smartphone. Media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, LINE, dan lain sebagainya telah merasuki kehidupan manusia sekarang ini. Hampir tiap individu menggunakan media sosial dari yang muda hingga yang tua baik untuk berbinis maupun hanya sebatas terhubung dengan teman. Dengan adanya sosial media memang sangatlah membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain, baik teman maupun saudara. Namun dari semua itu, ada pula dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial. Berikut penjelasannya.

Dampak Positif

1.       Sebagai media komunikasi
Media sosial seringkali menjadi ajang dalam mempertemukan teman lama baik dari teman SD, SMP atau SMA. Dan juga media sosial bisa menjadi tempat reuni yang disatukan lewat grup chat dalam aplikasi chatting.

2.       Sebagai tempat promosi
Dengan adanya media sosial, kita dapat mempromosikan sejumlah barang/jasa kepada teman-teman di media sosial selain dengan cara konvensional.

3.       Ajang media dakwah
Via media sosial, para ustadz atau ustadzah telah memberikan ceramah melalui tweet, postingan facebook dan lain sebagainya agar para jamaah dapat mengikuti ajaran agama selain dari pengajian atau ceramah.

Dampak Negatif

1.       Tingkat kejahatan meningkat
Sering terjadi penipuan di media sosial dengan mengatasnamakan sebuah perusahaan terkenal atau instansi tertentu. Maka dari itu berhati-hatilah dalam penggunaan media sosial

2.       Dari kata berujung penjara
Kata diatas mengisyaratkan bahwa seseorang jika membagikan sebuah status yang merugikan orang lain alias mencemarkan nama baik orang tersebut maka orang yang membagikan status tersebut dapat dijerat hukuman denda maupun penjara. Hal ini dikarenakan para pengguna media sosial telah dilindungi oleh UU ITE (Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik). Jadi , jika ada yang dirugikan dapat dilaporkan ke polisi tergantung status yang dibuat.

3.       Kecanduan
Manusia yang sering mengakses media sosial dapat menjadi kecanduan. Buktinya saat ada teman-teman mengajak berkumpul, mereka malah asyik sendiri dengan handphone atau gadget mereka. Ada yang update status, sibuk dengan pemberitahuan chat dan lain sebagainya. Sehingga kualitas berbincang dengan teman secara tatap muka menjadi berkurang.

Hanya ini yang saya dapat bagikan untuk anda semua. Semoga bermanfaat bagi anda. 

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Komentar