Review Perbandingan iOS dan Android

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada post kali ini saya membahas tentang review perbandingan Android OS dan iOS yang sedang berkembang dan bersaing saat ini. Android OS adalah  sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuhseperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.[5] SO ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google. Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad). Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan. Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.

Perkembangan teknologi saat ini mengakibatkan Android dan iOS bersaing untuk mendapatkan user telepon selular. Seperti yang saya lihat bahwa pengguna di Indonesia menggunakan telepon selular  Android lebih banyak daripada iOS. Dari segi aplikasi yang ditawarkan, iOS menawarkan aplikasi berbayar hanya sedikit yang gratis dan Android lebih menggratiskan penggunanya untuk mengunduh aplikasinya selain ada juga yang berbayar. Maksud dari pernyataan diatas adalah Android memiliki banyak aplikasi gratis diunduh daripada penyedia iOS.

Kemudian pada perangkat yang digunakan berbasis Android seperti Samsung, Sony, ASUS dan lain sebagainya memiliki spesifikasi lebih baik dibanding iPhone yang mana memiliki kekurangan seperti pengiriman file yang sulit, baterai lebih boros, dan lain sebagainya. Kekurangan Android seperti yang dikutip di twoh.co antara lain sebagai berikut :

1. Android masih terkesan rumit
Saat membeli ponsel/tablet Android, kalian diharuskan mempelajari lebih banyak hal dibandingkan dengan iPhone, karena Android mempunyai widgets, apps, dan banyak pengaturan lain yang mungkin kalian belum pernah mengenalnya sama sekali.Contohnya seperti Samsung Galaxy S3, yang mempunyai banyak fitur keren. Salah satunya adalah berbagi foto otomatis via wi-fi, yang sayangnya ternyata membutuhkan pengaturan yang banyak.

2. Konten hiburan di Google Play masih kalah banyak dibandingkan dengan iTunes
Walaupun Google sudah mengisi Google Play dengan beberapa konten entertainment seperti TV Shows dan movies untuk disewa, pilihan kontent entertainment tersebut masih kurang banyak dibandingkan dengan yang ada di iTunes. Soal musik juga Google Play masih belum memiliki musik-musik produksi Warner, salah satu dari empat label musik ternama.

3. Kurangnya aksesoris yang keren untuk perangkat Android
Desain iPhone yang menarik, nampaknya didukung oleh para pembuat aksesoris dengan membuat aksesoris pelengkap yang keren dan bagus-bagus. Namun entah kenapa Android tidak membawa antusiasme bagi pembuat aksesoris untuk membuat aksesoris yang menarik untuk perangkat-perangkat Android.

4. Grafis dan animasi di iPhone masih lebih halus
Hardware acceleration adalah proses dimana smartphone bisa berganti antara GPU (grafis) dan CPU tanpa menggunakan memori smartphone dalam jumlah besar. Hal ini sudah ada pada perangkat Android sejak versi awal, namun terbatas hanya pada beberapa fitur, seperti menarik notification bar ke bawah.Perangkat Android tidak menggunakan hardware acceleration secara penuh sampai Android versi 3.0.Sedangkan iPhone sudah menggunakan hardware acceleration sejak awal, sehingga iPhone menciptakan user experienceyang lebih menyenangkan.Untuk catatan, versi terbaru Android, Jelly Bean sudah memperbaiki kekurangan ini dengan sangat baik. Sehingga user experience menjadi lebih smooth dan tidak lagi nge-lag atau hang. Namun sayangnya baru sedikit perangkat Android dengan Jelly Bean di pasaran

5. Ancaman dari malware/virus pada sistem operasi Android
Karena Android adalah open source dan pengguna dapat menginstall aplikasi yang bukan berasal dari Google Play, perangkat Android lebih rentan terkena malware dan aplikasi bajakan/palsu.

6. Aplikasi yang berkualitas masih sedikit                                              
Sudah dari dulu aplikasi-aplikasi pada iPhone terlihat lebih bagus dibandingkan versi Android-nya. Begitupun developer cenderung merilis aplikasi berkualitas ke iPhone terlebih dahulu, baru setelah itu di-porting ke Android.

7. Fragmentasi
Fragmentasi membuat kualitas smartphone menjadi berbeda-beda, developer pun terpaksa harus membuat aplikasinya bisa beradaptasi terhadap banyaknya bentuk dan ukuran layar pada perangkat Android yang ada.


8. Updates Android tidak langsung tersedia untuk setiap perangkat
Google merilis Android versi terbarunya, Jelly Bean pada bulan Juli lalu. Namun kebanyakan ponsel Android sekarang masih menggunakan OS versi Gingerbread, yang keluar sekitar satu setengah tahun yang lalu. Hal ini disebabkan produsen smartphone lebih cenderung untuk memodifikasi Android OS untuk perangkat mereka, sehingga beberapa produsen memerlukan waktu tambahan untuk menawarkan update. Cara paling aman untuk menjamin kalian selalu mendapatkan update, adalah menggunakan perangkat yang asli dari Google, seperti merk Nexus.
   
Kelebihan iOS

1. Kualitas aplikasi
Di sini kita berbicara soal kualitas, bukan kuantitas. Soal kuantitas sudah jelas sekali Android menang dengan angka 1.3 juta aplikasi di Google Play dibandingkan iOS yang beda tipis dengan angka 1.2 juta aplikasi di App Store, kurang-lebih data tersebut diambil 6 bulan yang lalu. Aplikasi di sini maksudnya juga meliputi game, e-book, dan lain-lain.

2. Layanan purna jual
Berbicara soal keragaman dan jenis smartphone, memang Android juaranya. Selain pilihannya yang banyak dari berbagai merek OEM ternama ( Samsung , Sony , LG , HTC , dll.) dan jenis-jenisnya juga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Kamu bisa memilih produk flagship super mahal dengan kualitas kamera dan layar yang super canggih ataupun produk ekonomis yang cukup tersambung dengan berbagai jaringan sosial media terkini.


3. Desain hardware
Melihat berbagai produk unggulan dengan sistem operasi Android saat ini seperti Samsung Galaxy Note 4 , Sony Xperia Z3 , LG G3 , HTC One M8 , dll., semua memiliki bentuk dan desain yang berbeda sehingga menghasilkan kenyamanan dan kecenderungan penilaian estetika yang berbeda untuk Android dari para penggunanya.

4. Perhatian media
Saya yakin banyak penggemar setia Android yang seringkali benci terhadap seberapa banyak perhatian media yang di dapatkan oleh Apple.
Tentu saja platform Android milik Google juga selalu dianggap dan didiskusikan secara rutin, terutama di antara para media yang spesialis di bidang pembahasan teknologi Android. Namun rasanya berita seputar kemunculan terbaru dari Android tidak sebesar dengan apa yang selalu dilakukan oleh iOS.

Kekurangan iOS
1. Ketahanan baterai menurun
2. iOS 9 terasa lebih lambat dan tidak berjalan lancar pada iPhone 6 Plus
3. Aplikasi WhatsApp menjadi lambat
4. Ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain muncul layar hitam
5. Wi-Fi tidak bekerja setelah upgrade
6. Saran dari Siri tidak bekerja
7. Beberapa perangkat tidak responsif terhadap sentuhan
8. iPhone semakin panas ketika membuka beberapa aplikasi
9. Sebagian pengguna iPhone mengeluhkan tidak bisa menggunakan kamera
10. Pemberitahuan dari beberapa aplikasi tidak bekerja, termasuk Facebook Messenger
11. iTunes tidak bisa sinkron dengan iPhone

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Androi dan iOS memiliki kemampuan tersendiri dalam menggaet penggunanya kemudian dalam pasar menurut saya kebanyakan pengguna Android lebih banyak dibanding iOS karena harga yang lebih terjangkau serta aplikasi yang banyak dan bervariasi. Sekian dari postingan kali.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Sumber :
http://www.techno.id/apps/kelebihan-dan-kekurangan-ios-9--1509210.html 
https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
https://id.wikipedia.org/wiki/IOS

Komentar

Posting Komentar