Assalamu'alaikum
Pada
kesempatan kali ini, saya akan membuat dan menjelaskan tentang objek yang
diberi texturing. Sebelumnya apa yang dimaksud dengan texturing ? Texturing
adalah proses pemberian karakteristik permukaan pada objek. Maksud dari
karakteristik adalah termasuk pewarnaan, kilauan, dan lainnya. Berikut tutorial
yang akan dibagikan kepada anda semua.
1. Pertama-tama kita menambahkan satu objek UV Sphere untuk menjadi bahan dasar membuat gelas
2. Kemudian masuk ke dalam edit mode untuk memodifikasi objek UV Sphere
3. Lalu, atur kamera menjadi di depan objek
kemudian tekan X lalu vertices untuk menghapus bagian yang telah ditentukan
menggunakan B untuk memblok objek yang akan dihapus.
5.Lalu
klik kiri pada mouse mengikuti sumbu Z lalu akan terlihat objek akan memanjang
kebawah.
6. Lalu,
klik scale atau S kemudian sesuaikan kemiringan dari objek tersebut.
7. Kemudian
menambahkan modifier untuk menebalkan objek. Pilih solidify agar lebih solid
pada bagian atas objek. Ubah ketebalan(thickness) menjadi 0.15.
8. Kemudian tambahkan modifier bernama
subdivision surface.
9. Lalu,
tambahkan object yaitu plain untuk membuat alas dari gelas tersebut. Buat
ukuran objek makin besar menggunakan scale.
10. Tambahkan
material pada Plane berwarna oranye.
11. Lalu, merubah posisi lampu agar dapat terlihat
maksimal saat dirender dan beberapa perubahan pada properties lampu.
12. Kemudian masuk ke dalam compositing screen
layout agar dapat terbagi menjadi beberapa layar.
13. Tambahkan
material untuk objeknya dengan cara klik material lalu pilih dropdown color
kemudian pilih image texture, pilih texture yang kalian inginkan seperti pada
gambar diatas.
14. Tambahkan
pada node editor mapping untuk pewarnaan tekstur pada objek dengan mengklik simbol
material.
15. Output yang akan dihasilkan seperti berikut
Sekian tutorial dari kami, kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar