Pengantar Bisnis Informatika : Valve Corporation


Valve Corporation adalah pengembang video game Amerika dan perusahaan distribusi digital yang berkantor pusat di Bellevue, Washington. Perusahaan ini dikenal dengan platform distribusi perangkat lunaknya Steam dan game Half-Life, Counter-Strike, Portal, Day of Defeat, Team Fortress, Left 4 Dead, dan Dota 2.Valve didirikan pada tahun 1996 sebagai perseroan terbatas oleh mantan karyawan Microsoft Gabe Newell dan Mike Harrington. Produk debut mereka, PC first-person shooter Half-Life, dirilis pada tahun 1998 untuk mendapat pengakuan kritis dan kesuksesan komersial, setelah Harrington meninggalkan perusahaan tersebut.
Pada tahun 2004, Valve meluncurkan Steam di samping Half-Life yang diakui secara kritis 2. Pada tahun 2011, lebih dari separuh penjualan game PC digital melalui Uap, dan Valve adalah perusahaan yang paling menguntungkan per karyawan di Amerika Serikat. Pada tahun 2015, Valve memasuki pasar perangkat keras permainan dengan Steam Machine, sederet komputer game prebuilt yang menjalankan SteamOS, sebuah sistem operasi Debian yang dikembangkan oleh Valve.
Valve didirikan oleh mantan karyawan Microsoft Gabe Newell dan Mike Harrington pada tanggal 24 Agustus 1996 sebagai Valve L.L.C., yang berbasis di Kirkland, Washington di Eastside Seattle. Harrington meninggalkan perusahaan pada tahun 2000. Setelah bergabung pada bulan April 2003, ia pindah dari lokasi aslinya ke Bellevue, Washington, kota yang sama dengan tempat penerbit asli mereka, Sierra On-Line, Inc., berbasis. Pada tahun 2010, kantor dipindahkan lagi ke lokasi yang lebih besar di Bellevue. Pada tahun 2016, Valve menandatangani kontrak sembilan lantai di kompleks Lincoln Square di pusat kota Bellevue, meluaskan ukuran kantor mereka.
Organisasi Valve nampak ajaib, namun penghasilannya tidaklah kecil. Bisnis terbesar Valve adalah paltform Steam yang berfungsi sebagai “iTunes” global untuk video games. Varoufakis menyatakan bahwa 70 persen dari games terjual melalui platform ini dengan pengguna global sekitar 55 juta orang. Setiap tahun, Valve dapat menghasilkan USD 1 miliar. Lalu bagaimana dengan pengelolaan organisasinya ? Varoufakis mengatakan bahwa Valve tidak memiliki hirarki yang eksplisit. Seperti yang dijelaskan beberapa orang kepadaku, yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah prinsip anarcho-syndicalism. Sebuah prinsip yang efektif, dimana masing-masing orang memiliki interaksi yang bebas dengan orang lainnya. 
Dalam merekrut atau memecat orang, Valve tidak memiliki aturan khusus. Keputusan-keputusan penting itu dilakukan dengan mengalir seiring pembicaraan dua orang di koridor. Pemberian bonus yang dapat mencapai 10 kali lipat dari gaji pokok misalnya, diputuskan berdasarkan review rekan kerja tanpa adanya pengambil keputusan tunggal. Steam adalah distributor permainan digital milik Valve dengan cara membeli via pembayaran daring dengan media unduhan. Dengan adanya Steam, diupayakan agar pembajakan game yang marak bisa ditekan. Cara kerjanya dengan mengunduh perangkat lunak Steam, dengan begitu dapat dicek dan langsung membeli permainan yang ada. Steamguard adalah sistem proteksi permainan video. 
Di mana Steam memerlukan koneksi Internet dengan memasukkan identitas dan kata sandi steam lalu diverifikasi melalui surel elektronik agar dapat menikmati layanan khusus seperti cloudSteam workshop adalah layanan yang disediakan untuk menampung hasil karya dari komunitas. Karya tersebut dapat "digunakan" oleh Valve, atau hanya sekadar modifikasi tambahan yang gratis. 
Pada tahun 2007, pendapatan Valve mencapai 70 juta dollar dan sekarang memliki lebih dari 200 karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Perusahaan ini bergerak di bidang perangkat lunak komputer dan permainan. 

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Valve_Corporation (diterjemahkan)
http://marketeers.com/valve-corporation-perusahaan-miliaran-dolar-tanpa-bos/
http://store.steampowered.com/
http://www.valvesoftware.com/

Komentar