Pengantar Bisnis Informatika : Cara Perusahaan Bertahan

Perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang menjadikan sebuah target untuk mencapai kesuksesan. Beberapa faktor yang menjadikan perusahaan bertahan antara lain :
    1. Branding terus-terusan
      Baik itu bisnis offline maupun online branding harus terus dilakukan meskipun bisnis anda sudah mempunyai nama, logo, lokasi, website, dll. Branding sendiri merupakan sebuah upaya agar bisnis yang kita punyai bisa dikenal oleh banyak orang serta mampu mendapatkan kepercayaan dari cutomerrs dan ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti pameran, seminar, sticker, kartu nama dlll.
        2. Variasi dan inovasi produk
          Tingginya persaingan akan memaksa anda berfikir lebih kreatif. Cara paling ampuh agar mampu bertahan dalam persaingan pasar yang ketat ini adalah dengan memberikan variasi dan inovasi produk. Kita harus paham seorang customers pasti menginginkan sesuatu yang baru dan inilah alasan kenapa bisnis yang mampu memberikan variasi dan inovasi lebih bertahan dari yang hanya satu variasi saja. Meskipun produk yang dijual beragam dan juga memiliki inovasi yang baru, namun tetap perlu diperhatikan dari sisi ke-khas-an produk anda.
            3. Membangun kerjasama yang baik
              Sebuah bisnis yang sukses adalah bisnis yang melibatkan orang lain. Kerjasama inilah yang nanti akan membantu anda untuk menjual produk, mendapat pelanggan hingga menciptakan sebuah inovasi. Melakukan cross-selling dengan kompetitor meskipun persaingan dalam bisnis terbilang sangat sengit, namun tidak ada salahnya melakukan cross-selling dengan kompetitor. Melakukan cross-selling bisa berguna ketika ada pelanggan yang menginginkan sebuah barang yang tidak kita punyai, nah ketika inilah kita bisa memanfaatkan kompetitor, apalagi jika mereka mempunyai barang tersebut.
                  4. Konsep yang matang 
                    Menjalankan bisnis tak hanya butuh ide dan gairah. Namun, sebuah konsep bisnis yang matang juga sangat diperlukan. Konsep bisnis yang matang akan membantu Anda untuk bisa mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju dalam bisnis. Selain itu konsep bisnis matang juga akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. Dalam menentukan konsep bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain, selera masyarakat, karakteristik atau gaya hidup masyarakat, daya beli, sumber bahan baku, sampai adanya bisnis sejenis.
                      5. Perencanaan matang
                        Konsep bisnis yang matang, akan membantu untuk membuat perencanaan bisnis yang juga matang. Dalam berbisnis tak bisa asal-asalan karena dalam berbisnis, Anda mempertaruhkan investasi yang cukup banyak. Jika perencanaan tak matang, semuanya akan sia-sia dan rugi besar. Dalam perencanaan yang matang, sebuah business plan harus dibuat. Yang termasuk dalam business plan ini antara lain: menjabarkan konsep bisnis, visi misi, rencana promosi, rencana pemasaran, karyawan, rencana pengaturan keuangan, sampai dengan menentukan analisis risiko yang mungkin dialami dalam bisnis. Dengan adanya perencanaan yang matang, Anda bisa menentukan jalan keluar atau solusi atas setiap masalah yang mungkin akan dihadapi, termasuk menghadapi persaingan bisnis serupa.
                          6. Evaluasi bisnis
                            Persaingan dengan bisnis yang sejenis seringkali tak bisa dihindari. Namun sebenarnya persaingan ini bisa membuat Anda jadi lebih kreatif untuk berkreasi. Dengan persaingan akan membuat Anda jadi lebih inovatif untuk menciptakan sebuah nilai tambah dalam produk yang dijual.
                              7. Inovasi
                                Inovasi yang dilakukan dalam berbagai sisi akan menarik pelanggan untuk melirik produk Anda dibanding pesaing. Selain inovasi, diperlukan juga evaluasi terhadap kelangsungan bisnis. Anda tak bisa begitu saja tutup mata dalam menjalankan bisnis, sebuah evaluasi terhadap kekurangan dan nilai lebih dalam berbisnis juga diperlukan untuk semakin memajukan bisnis yang dilakukan.
                                  8. Perluasan pasar
                                    Untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memperluas pasar produk. Perluasan pasar produk ini bisa berarti memperluas fokus dan target market yang disasar. Misalnya, jika awalnya hanya menjual varian makanan pedas yang diperuntukan untuk orang dewasa, tak ada salahnya untuk membuat varian menu baru yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Perluasan pangsa pasar ini juga akan menambah pendapatan sekaligus memberi nilai tambah pada pelanggan terhadap produk yang dijual. Selain memperluas pangsa pasar, perluasan pasar juga bisa dilakukan dengan membuka cabang-cabang usaha baru. Cabang usaha baru ini akan membantu untuk menguasai pasar usaha sejenis. Namun, sebelum melakukan perluasan cabang sebaiknya sistem usaha sudah kuat dan stabil.
                                      9. Standarisasi
                                        Memiliki banyak cabang usaha memang bisa membantu mengatasi persaingan ketat dalam bisnis. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah kesamaan varian produk yang dijual disemua cabang yang dimiliki. Standarisasi ini perlu dilakukan agar pelanggan tak kecewa ketika membeli produk Anda di cabang-cabang usaha. Standarisasi ini sangat diperlukan terutama jika Anda berbisnis kuliner. Standarisasi resep berfungsi untuk menghasilkan rasa yang seragam di semua cabangnya.
                                          10. Sistem usaha
                                            Sebuah sistem usaha yang kuat akan membantu usaha agar bisa bertahan lebih lama dan mendapat keuntungan yang diinginkan. Buat sistem usaha yang stabil dan kuat. Setelah pondasi usaha dirasa kuat, maka lakukan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang diinginkan, misalnya membuka cabang, sampai franchise. Dengan sistem usaha yang kuat dan konsisten akan menjadi nilai positif bagi para investor yang tertarik berbisnis dengan Anda. 
                                              Sumber :
                                                http://blog.pekku.com/4-kunci-bertahan-di-tengah-persaingan-bisnis-yang-ketat/ dengan berbagai tambahan dan perubahan

                                                  Komentar